Sejarah dan Macam Aliran Musik Jazz

Musik jazz merupakan salah satu genre musik populer di dunia. Genre ini kini bisa dibilang sudah menyebar secara global. Musik jazz juga memiliki banyak komunitas khusus penggemar dan tidak kalah dengan genre-genre musik populer yang memiliki penggemar fanatik seperti musik rock, country, metal atau reggae. Meski begitu banyak lagu jazz terbaik yang ada dan digemari oleh para penggemar jenis musik ini.

Jazz memang memiliki warna musik yang lain dari genre musik mainstream lainnya. Alunan nada dan irama dalam musik jazz memang cenderung lebih pelan. Namun justru itu yang membuat musik jazz menjadi lebih mudah dinikmati. Hal tersebut dikarenakan lagu lagu jazz yang sangat easy listening di telinga para pecinta musik.

Dalam sejarahnya, jazz berkembang cukup cepat hingga menjadi genre musik populer seperti saat ini. Lagu lagu dan album jazz terus bermunculan dan beberapa menjadi hits internasional di beberapa tangga lagu dunia. Musisi dan artis beraliran jazz pun banyak bermunculan dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia, baik berupa grup band atau penyanyi solo. Beberapa penyanyi jazz terbaik yang dikenal antara lain adalah Louis Armstrong, Miles Davis dan Charlie Parker.

Sejarah dan Macam Aliran Musik Jazz

Jazz sendiri secara garis besar memiliki beberapa macam dan jenis aliran yang berbeda yang dibedakan berdasarkan karakteristik yang terdapat di dalamnya, baik dari segi vokal, instrumen, nada, warna musik, geografis hingga sejarahnya. Beberapa aliran jazz mampu menjadi favorit bagi masyarakat pecinta musik jazz. Berikut akan kami tampilkan informasi macam jenis aliran musik jazz.

Jenis Aliran Musik Jazz


1. Groove
2. Swing
3. Fusion
4. Ragtime
5. Bossa Nova
6. Mainstream
7. Soul Jazz
8. Vocalese
9. Classic Jazz
10. Hard Bop
11. Hot Jazz
12. Cool
13. Afro-Cuban Jazz
14. Bebop
15. European Jazz
16. Kansas Style
17. Free Jazz
18. Chicago Style
19. Acid Jazz
20. Gypsy Jazz


Itu tadi informasi singkat mengenai macam aliran musik jazz yang dapat dibedakan menjadi 20 sub-genre. Pembagian aliran jazz tersebut diambil dari berbagai sumber referensi dan literatur yang ada. Banyak musisi dan band jazz baru yang mampu mengembangkan subgenre jazz hingga sudah berada diluar dari subgenre yang telah ada. Meskipun begitu hal itu tidak menjadi masalah selama masih berada dalam batas jazz itu sendiri.

Suka dengan artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+ Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Pilihan